Rabu, 12 November 2008

MENGAPA BEGITU BANYAK TUHAN

Kali ini singkat saja.S aya hanya ingin mengajukan satu pertanyaan pada Anda.

--- 0 ---

Minggu lalu, saya makan siang bersama seorang hartawan asing.

Seberapa kaya? Ia berpenghasilan dua juta dollar sebulan. (Sayas erius.) Ia sedang berada di Filipin mengunjungi pulau-pulau kami yang kecil.

“Bagaimana dengan kunjunganmu?” saya bertanya padanya.

“Saya sangat menyukainya,” katanya, “Saya belum pernah bertemu dengan orang-orang yang lebih sopan, lebih santun, lebih ramah dari orang-orang Filipin.”

“Terima kasih,” saya berbinar.

Tapi kemudian dia mengernyitkan dahi. “Bo, saya juga perhatikan kalau orang-orang Filipin sangat religius. Saya melihat tricycle(transportasi umum roda tiga) dengan kalimat, “Tuhan mengasihimu” dan“Yohanes 3:16”. Ada begitu banyak Tuhan di negaramu. Namun, ada juga banyak kemiskinan.”

Ouch.

Itu menyakitkan karena begitulah kenyataannya.

Pertanyaannya mengingatkan saya tentang kunjungan saya ke Vietnam sebulan lalu – dan bagaimana saya merasa terusik.

Tidak ada banyak Tuhan di negara itu. Negara itu merupakan negara komunis selama puluhan tahun. Tapi ekonominya meledak. Dan menurut statistik, kemiskinan berkurang hingga 60%! Bisakah Anda mempercayainya?

Satu alasan: investasi asing.

Tahun lalu, investasi asing di Filipin mencapai setidaknya 2,5 milyar dollar.

Tahun lalu di Vietnam, investasi asing mereka mencapai 15 milyar dollar.

Dan Anda tahu apa yang terjadi tahun ini? Dari Januari hingga Juli 2008, investasi asing di Vietnam telah mencapai 33 milyar dollar.

Lihatlah China. Bangsa lain yang tidak “berTuhan”. Tapi kemiskinan juga berkurang. Dan mereka sekarang mempersiapkan diri menjadi negara Adidaya berikutnya di dunia.

Lihatlah Jepang. Hanya 2% dari populasinya umat Kristiani. Banyakdari mereka yang bahkan tidak mempunyai agama. Namun ekonomi mereka terus berkembang dengan subur selama puluhan tahun.

Tapi lihatlah beberapa negara di Amerika Selatan. Seperti Filipin, ada banyak agama dan kemiskinan juga.

Berikut pertanyaan-pertanyaan saya:
• Mengapa begitu banyak Tuhan dan kemiskinan di negara kita?
• Apakah suatu “merek” agama tertentu menyebabkan kemiskinan?
• Atau apakah saya melewatkan sesuatu di sini?

Ceritakan pada saya pemikiran-pemikiran Anda.

Katakan pada saya apa yang Anda pikir.

Minggu depan, saya akan berikan pemikiran-pemikiran saya pada Anda.

Semoga impian Anda menjadi kenyataan,
Bo Sanchez

Tidak ada komentar: