Rabu, 22 Oktober 2008

BUATLAH JANJI SUKACITA ANDA!

Dua minggu lalu, saya meminta Anda untuk membuat Daftar SukacitaAnda.

Hari ini, saya akan meminta Anda untuk mengambil langkah berikutnya:

Membuat Janji Sukacita.

Menuliskan Daftar Sukacita Anda hanyalah permulaan. Jika Anda tidak membuat Janji Sukacita, tidak akan terjadi apapun. Hal itu akan menjadi seperti daftar tentang resolusi Tahun Baru milik setiap orang. Kita tahu apa yang terjadi terhadap hal itu.

Jika Anda perlu diingatkan, lihatlah pada peralatan olahraga yang mahal yang tergeletak di suatu tempat di rumah Anda, penuh debu. Tahukah Anda bahwa 97% dari semua peralatan olahraga berakhir sepertiini?

Teman-teman, berikut adalah 5 Langkah untuk mengisi hidup Anda dengan lebih sukacita.

LANGKAH #1:

TULISKAN DAFTAR SUKACITA ANDA
Jika Anda belum membuat Daftar Sukacita Anda, saya mendesak Anda untuk melakukannya sekarang. Definisikan apa yang membuat Anda bahagia. Definisikan apa yang Anda cintai. Definisikan apa yang membuat Anda merasa damai, utuh, penuh, gembira, dan bahagia.(Silahkan baca artikel saya sebelumnya, “Apa Daftar Sukacita Anda?”)

LANGKAH #2:

PILIHLAH SATU HAL DALAM DAFTAR SUKACITA ANDA
Jangan coba lakukan semuanya dalam waktu yang bersamaan – atau Anda akan kewalahan. Mulailah dengan satu hal lebih dulu! Mengecek apa yang Anda rasakan adalah kegiatan terpenting yang memberi Anda sukacita paling besar. Itu merupakan suatu kegiatan yang Anda inginkan lebih dalam hidup Anda.

Hal itu bisa jadi bermain bersama anak-anak Anda, atau menyendiri bersama Tuhan, atau bersandar di sofa untuk membaca. Pilihan ada di tangan Anda.

LANGKAH #3:

BUATLAH SEBUAH JANJI SUKACITA DALAM AGENDA MINGGUAN ATAU BULANAN ANDA
Berinvestasilah dalam sukacita Anda! Tulis kegiatan ini dalam agenda Anda sebagai suatu hal rutin dalam minggu Anda. Sebagai contoh,ketika saya menikah 10 tahun lalu, saya ingin mengajak kencan wanita terhebat dalam galaksi saya sekali seminggu.

Dan begitulah selama 10 tahun ini, saya setia pada janji ini. Bagaimana? Gampang. Saya menjadwalkannya dalam hari dan waktu tertentu dalam setiap minggu.Maka saya tidak lupa. Sederhana saja. (Saya tidak akan memberitahu Anda hari apa itu.

Ini alasannya: saya menerima ratusan undangan untuk berkotbah setiap bulan. Dan saya tidak ingin orang mengatakan pada saya, “Bo, kami memilih hari ini karena kami tahu ini adalah malam kencanmu bersama isterimu. Hanya sekali ini saja, tolong memberi kotbah di kelompok kami?” Jawabannya adalah tetap “Tidak”.) Kecuali saya sedang bepergian ke luar negeri atau pecah Perang Dunia III, saya tidak akan melepaskan kesempatan kencan malam saya dengan isteri saya. Ia adalah sukacita saya.

LANGKAH #4:

PILIH SUKACITA KEDUA DAN BUATLAH JANJI SUKACITA YANG LAIN.
Ketika kegiatan pertama yang Anda pilih sudah konsisten – misalnyaAnda sudah melakukannya tiga kali – kembalilah pada Daftar SukacitaAnda. Periksa hal kedua yang penting bagi Anda.

Ulangi: Ini merupakan sesuatu yang Anda inginkan lebih lagi dalam hidup Anda.Buatlah ini sebagai suatu Janji Sukacita juga. Lakukan secara rutin dalam agenda mingguan atau bulanan Anda. Jadikan itu sesuatu yang tetap.

LANGKAH #5:

ULANGI PROSES
Pilih hal ketiga dalam Daftar Sukacita Anda. Dan keempat. Dankelima. Percayalah, setelah tiga hingga enam bulan, Anda tidak akan mengenali diri Anda sendiri. Anda ingin mencubit diri sendiri dan berkata, “Apakah ini saya? Apakah ini hidup saya? Ya Tuhan, saya begitu dipenuhi sukacita!”

Ingat: Jika Anda tidak menentukan apa yang akan Anda lakukan dalam minggu Anda, orang lain akan melakukannya untuk Anda. Produser TV akan membuat Anda menonton TV. Pemasang iklan makanan akan membuat Anda terus makan makanan mereka. Pembuat video game akan membuat Anda terus bermain games mereka.

Tentukan sukacita Anda. Dan lakukan.— 0 —

Ok, giliran Anda. Tulislah satu hal dalam Daftar Sukacita Anda yangakan Anda buat sebagai suatu Janji Sukacita. Tuliskan hari, tanggal,dan waktu kapan Anda akan membuatnya menjadi kenyataan!

Semoga impian Anda menjadi kenyataan,
Bo Sanchez

Tidak ada komentar: